Sabtu, 17 Maret 2012

MEMORI


Sewaktu SMA saya punya guru favorit karena saya kagum sama beliau. Banyak hal yang dapat saya tiru dari beliau agar sifat baiknya dapat ku terapkan. Salah satunya adalah bagaimana cara beliau mengajarkan materi dengan menggunakan konsep-konsep yang mudah diingat. Kebetulan mata pelajaran yang diajar cukup sulit buat kami sekelas yaitu fisika. Tetapi beliau selalu meyakinkan kami fisika itu mudah dan jangan dianggap sebagai momok yang menakutkan.
Metose yang dipakai dalam proses mengajar yaitu membuat suatu kata yang dapat mewakili suatu rumus. Contohnya seperti rumus untuk menghitung daya listik ( W) = V.I.t ( Vitamin ).ini merupakan suatu solusi yang berarti bagi ku karna akan sangat sulit menghafal begitu banyak rumus yang dikenalkan di fisika.
Saya gak hanya menerapkan metode ini di fisika tapi dimata pelajaran yang lain juga. Contohnya ni dibiologi ada fungsi-fungsi sel. Semisalnya fungsi sel lisosom. Bisa disingkat dengan EpAA, yaitu Enzim pencernaan, Autofagi, Autolisis.
Ini merupakan penerapan proses pengolahan informasi dalam LTM yaitu encoding. Membuat kode-kode tertentu untuk lebih mudah mengingat.
Ada pengalaman indah saya yaitu ketika mama ngajak makan ke KFC karena uang sertifikasi pertama mama caiiiiiiir. Pengalaman buruk saya seperti dua kali kecelakaan dan dua kali patah tulang, dan terkadang saya masih terbayang situasi yang mengerikan malam itu, dan saya ingin sekali membuang ingatan ini selama-lamanya tapi tetap saja aku masih bisa mengingatnya walaupun menyedihkan. L . Ini merupakan bukti bahwa memori indah itu lebih mudah diingat dibanding ingatan buruk.
sekian pengalaman saya tentang memori....
makasih
:) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar