TOPIK : Peran Teknologi sebagai Media Belajar pada mahasiswa.
JUDUL : Peran Internet
dalam Membantu Mengerjakan Tugas pada Mahasiswa
NAMA KELOMPOK :
PENDAHULUAN
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling
berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk
melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet
berfungsi sebagai sarana mengirim surat (email) , sebagai surat
pembelajaran dan pendidikan serta mesin pencari (search
engine).
E-mail adalah surat elektronik yang banyak digunakan mahasiswa pada saat
pengiriman tugas ke dosen karena ada kalanya dosen tidak meminta hardcopy
tetapi melalui softcopy. Email juga dapat digunakan dalam berbagi hal
file/ informasi/ slide yang berhubungan dengan bahan mata
kuliah. Surat
pembelajaran dan pendidikan juga dapat diterapkan dalam
tingkat universitas seperti laporan akademik , beasiswa, e-learning,
memberitahu jadwal perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga membutuhkan
mesin pencari (search engine) untuk mencari informasi tentang tugas,
mengetahui penemuan-penemuan baru, berita-berita terbaru seputar
pendidikan, sosial,politik, ekonomi, budaya, dsb.
Internet sendiri memiliki dampak positif, antara lain:
· membantu mahasiswa
dalam mengakses informasi secara cepat.
· Internet memberikan
segala informasi pendidikan yang sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat
berguna bagi para mahasiswa dalam menunjang proses belajar mereka.
· Membantu dalam hal
komunikasi jarak jauh.
· Media hiburan dan
lebih mengajak mahasiswa bersosialisasi dengan pengguna yang lain.
· Informasi yang
disajikan di internet lebih menarik dibanding informasi yang disediakan buku
sehingga mahasiswa lebih senang membacanya dari internet.
Selain dampak positif, internet juga memiliki dampak negatif, yaitu:
· Mahasiswa cenderung
akan tidak mengingat waktu buat kegiatan yang lain.
· Kesehatan mata
terganggu apabila digunakan dengan waktu lama.
· Membuka situs yang
tidak sepantasnya.
LANDASAN TEORI
Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang
disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT)
(Jones, Tasmusen, & Moffit, 1997).
Dari pengertian diatas dapat diartikan internet itu sebagai alat untuk membantu
pembelajaran termasuk mahasiswa dalam mengerjakan tugas.
ALAT ATAU BAHAN
Alat dan bahan buku seperti alat tulis, pena, kertas, kamera, laptop,
kuisioner.
ANALISA DATA
Data diperoleh berdasarkan hasil pengisian kuisioner dari 50 mahasiswa
dengan jumlah pertanyaan di kuisioner.
SUBJEK
PENELITIAN
Subjek penelitiannya adalah beberapa mahasiswa/mahasiswi dari
USU, UNIMED,UHN, UNIKA, POLMED, AMIK MBP yang berjumlah 50 mahasiswa.
JADWAL
PELAKSANAAN DARI PERENCANAAN HINGGA EVALUASI
JADWAL
PELAKSANAAN
No.
|
Kegiatan
|
APRIL
|
MEI
|
JUNI
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
Pemilihan
tema
|
X
|
||||||||||||||
2.
|
Pemilihan
judul
|
X
|
||||||||||||||
3.
|
Diskusi
metode pelaksanaan penelitian
|
X
|
||||||||||||||
4.
|
Pembuatan
kuisioner
|
X
|
||||||||||||||
5.
|
Pengisian
kuisioner
|
X
|
||||||||||||||
6.
|
Diskusi untuk
menganalisa data kuisioner
|
X
|
||||||||||||||
7.
|
Membuat
laporan
|
X
|
||||||||||||||
8.
|
Posting blog
|
X
|
||||||||||||||
Keterangan :
17 April 2012 :
Pemilihan tema dan judul
23 April 2012 :
Persiapan penelitian
25 April
2012 : Diskusi
metode pelaksanaan penelitian
17 April
2012 :
Pembuatan kuisioner
5 Mei 2012 :
Pengisian kuisioner
10 mei 2012
: Diskusi
untuk menganalisa data kuisioner
17 Mei 2011 :
Membuat laporan
27 Mei
2011 :
Posting blog
KALKULASI BIAYA
1. Fotokopi kuisioner Rp
15.000
2. Reward untuk partisipan
Rp 25.000
3. Biaya tidak
terduga Rp
10.000 +
JUMLAH
Rp 50.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar