Minggu, 13 Mei 2012

RESUME BLENDED LEARNING




          Blended learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Blended learning bisa diadakan dari tempat yang berbeda seperti antara Amerika dan Asia yang dibantu dengan teleconference tetapi saling berespon, tanya dan jawab. Menurut MacDonald (2008) istilah blended learning biasanya berasosiasi dengan memasukkan media online pada program pembelajaran sementara pada saat yang sama tetap memperhatikan perlunya mempertahankan kontak tatap muka dan pendekatan tradisional yang lain untuk mendukung siswa.

Kelebihan blended learning A. W. Bates (Bates, 1995) dan K. Wulf (Wulf, 1996)

1.      Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhanceinteractivity). 
2.      Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran darimana dan kapan saja  (time and place flexibility)
3.      Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).
4.      Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well asarchivable capabilities).

Kelemahan blended learning  :

·                      Media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung
·          Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar seperti komputer dan akses internet. Padahal dalam blended learningdiperlukan akses internet yang memadai, apabila jaringan kurang memadai akan menyulitkan peserta dalammengikuti pembelajaran mandiri via online.
·                Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan teknologi
·            Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses internet.



Penerapan blended learning di Indonesia belum  belum gitu familiar di indonesia tetapi tidak tertutup kemungkinan konsep blended learning diterapkan mengganti konsep elearning. Banyak kendala yang ditemukan dalam penerapan blended learning. Hal itu disebabkan pola pengajaran yang dipakai masih tradisional yaitu teacher center dan di Indonesia ini belum semua orang mengenal internet. Ada yang sudah mengenal internet tetapi tidak mempunyai alat untuk mengakses internet. Jadi orang Indonesia lebih banyak menggunakan pengajaran yang tradisional yaitu yang tatap muka.
Kelebihan blended learning dibanding elearning adalah blended learning komunikasi dua arah melalui tanya, jawab sedangkan elearning hanya komunikasi satu arah. Pembaca tidak bisa merespon apabila ada hal yang tidak diketahui, disetujui dari bacaan sumber.
Perkembangan blended learning cukup lama seiring dengan perkembangan teknologi dan sudah banyak diterapkan pada Amerika Utara, Inggris, Australia, kalangan perguruan tinggi dan dunia pelatihan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar